PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

PENGETAHUAN IBU TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA III WULUHAN – JEMBER

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-18 15:09:16
Oleh : Yunita Fatimah NIM : 06024123, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-18, dengan 1 file

Keyword : Alat Permainan Edukatif.(APE)



Abstrak


Di Negara Indonesia saat ini tercatat sebanyak 24,5 juta anak dibawah umur 5 tahun, atau anak-anak usia dini, dimana anak-anak ini merupakan aset bangsa yang harus dididik secara dini dmi kelangsungan hidup bangsa. Salah satunya adalah dengan membekali anak mulai dini dengan kegiatan yang dapat merangsang perkembangan otak secara optimal. Kegiatan tersebut antara lain dengan memberikan alat permainan yang mendidik sesuai dengan tingkat perkembangan.

Alat permainan memegang peranan penting dalam kehidupan anak, terutama pada masa prasekolah yang disebut juga “ Usia bermain “. Penting diperhatikan oleh orang tua dalam memberikan alat bermain, bahwa alat permainan tersebut bermanfaat bagi anak. Banyak orang tua membeli alat permainan yang mereka pikir indah demi menarik, tetapi mereka tidak berfikir apa yang dilakukan anak terhadap permainan itu dan manfaat yang diperoleh anak dari alat permainan tersebut. Selain itu banyak pula orang tua yang berpendapat bila mainan itu mahal. Maka mempunyai nilai mendidik sekaligus menghibur, hal ini menunjukan kurangnya tingkat pengetahuan orang tua terutama ibu karena ibu merupakan sosok yang paling dekat dengan anak.

Berdasarkan pengumpulan data awal di TK ABA III Ampel Wuluhan pada tanggal 7 April 2008 terdapat 20 anak usia dini dalam satu kelas.Dari 20 ini hanya ±5% yang mempunyai alat permainan dirumahnya. Hal inipun masih menjadi tanda tanya, apakah alat permnainan tersebut sudah sesuai dengan syarat-syarat sebagai alat permainan yang mendidik. Pengetahuan tentang alat permainan inipun belum begitu dikenal oleh masyarakat secara umum, didukung dengan minimnya informasi pengetahuan tentang alat permainan ini, terutama bagi ibu

khususnya karena ibu merupakan orang tua yang memiliki lebih banyak peranan dan kesempatan dalam mengembangkan anak-anaknya dari pada sang ayah. Bila ibu melakukan tugasnya dengan penuh kasih saying maka anak akan memperoleh kepuasan dan anak dapat mengadakan penyelesaian sosial yang baik. Bukanlah kualitas yang diperlukan oleh seorang anak melainkan kualitas hubungan antara ibu dengan anaknya (Gunarsa, 2002 : 153).

Selain kurangnya informasi, dapat juga disebabkan karena tingkat pendidikan ibu yang rendah, usia ibu yang masih muda atau dapat juga disebabkan kurangnya pengetahuan atau pengalaman mendidik anak. Selain itu alas an kesibukan dan keterbatasan waktu sangat klasik dan paling banyak dikeluhkan orang tua. Berkembngnya eman sipasi wanita dan tuntutan berbagai kebutuhan menyebabkan orang tua (khususnya ibu) semakin sibuk. Kondisi ini mengakibatkan kurangnya waktu luang untuk mencari informasi, misalnya dengan membaca buku-buku yang kaitannya dengan perkembangan anak dan cara memperlakukannya.

Pengetahuan orang tua terutama ibu merupakan salah satu faktor yang penting dalam tubuh kembang anak karena dengan pengetahuan ibu yang baik maka ibu dapat menerima informasi tentang pentingnya alat permainan yang mendidik bagi anak. Alat Permainan Edukatif / APE. Dengan tingkat pengetahuan yang tinggi khususnya tentang alat permainan edukatif, diharapkan ibu bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan alat permainan tersebut dengan tepat dan aman bagi anak sehingga manfaat yang diharapkan dari alat permainan tersebut bisa dipergunakan oleh anak secara optimal.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...