PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> Jurnal -> Ekonomi

Perbedaan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebelum Dan Sesudah Berlakunya UU Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI)

Jurnal from umj / 2012-06-06 13:25:33
Oleh : Yulinartati, Fakultas Ekonomi
Dibuat : 2012-06-06, dengan 1 file

Keyword : Corporate Social Responsibility, Firm Value, Percentage of management ownership, Tanggung jawab sosial perusahaan, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajemen



Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan persentase kepemilikan manajemen sebagai variabel moderator (3) Perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan periode sebelum dan sesudah berlakunya UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.Sampel penelitian ini adalah perusahaan pada sektor manufaktur tahun 2006 - 2008 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 34 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.



Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajemen sebagai variabel moderator tidak dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan Tanggung jawab sosial perusahaan dan nilai perusahaan. Terdapat perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan periode sebelum dan sesudah berlakunya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.



Deskripsi Alternatif :



Abstract


The aims of this research are to know : (1) The influence of Corporate Social Responsibility to firm value (2) The influence of Percentage of management ownership as the moderating variable in relations between Corporate Social Responsibility and firm value (3) The differences of Corporate Social Responsibility disclosures before and after the application of the law of the Republic of Indonesia number 40 in 2007 concerning company act. This research sample is on manufacture sector in 2006 until 2008 by using method of purposive sampling. There are 34 companies fulfilling criterion as this research sample. The analysis method of this research is simple regression analysis and multiple regression analysis.



The result of research show that the effect of Corporate Social Responsibility on firm value was not significant. Percentage of management ownership as the moderating variable in relation between Corporate Social Responsibility and firm value was not significant. There is difference in Corporate Social Responsibility disclosure before and after the application of the law of the Republic of Indonesia number 40 in 2007 concerning company act.




Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Ekonomi
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...