PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

STRATEGI MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERCERITA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I RAMBIPUJI JEMBER

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-14 16:12:38
Oleh : YULIANA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-14, dengan 1 file

Keyword : STRATEGI MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERCERITA



Latar Belakang


Taman Kanak-Kanak merupakan bentuk pendidikan pra sekolah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak sebelum memasuki pendidikan dasar. Sebagaimana terdapat dalam Garis-garis Besar Program Kegiatan belajar Taman Kanak-Kanak (GBPKBTK 1994) bahwa Taman kanak-Kanak didirikan sebagai usaha mengembangkan seluruh segi kepribadian anak didik dalam rangka menjembatani pendidikan dalam keluarga dan pendidikan sekolah. Adapun tujuan program kegiatan belajar anak TK adalah meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Kata kunci yang juga merupakan suatu keutuhan dalam tujuan tersebut yaitu kata daya cipta atau dengan istilah lain kreativitas.

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang telah ada (Supriadi, 1994 dalam Rachmawati, 2005:15) kreativitas tidak dapat berkembang dengan sendirinya namun membutuhkan perhatian yang maksimal untuk dapat mengembangkannya secara optimal. Dalam pengembangannya masih banyak ditemukan kesulitan yang berkenaan dengan bagaimana mengembangkan kreativitas pada anak TK. Kesulitan atau hambatan tersebut mungkin berasal dari program apa yang seharusnya dikembangkan oleh guru, karakteristik guru seperti apa yang dapat mengembangkan kreativitas anak usia TK serta strategi apa yang harus dilakukan oleh guru agar dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak.

Kreativitas hendaknya dikembangkan sejak usia dini, pada masa usia Taman Kanak-Kanaklah waktu yang tepat untuk mengembangkan kreativitas. Tetapi tidak semua anak usia Taman Kanak-Kanak dapat mengoptimalkan kreativitasnya. Didalam kelompok B3 yang terdiri dari 27 anak dapat dikatakan hanya 40 % anak yang mempunyai kreativitas yang baik. Namun 60 % sisanya adalah anak-anak yang kurang mampu mengembangkan kreativitasnya.

Harapan agar anak usia Taman Kanak-Kanak mempunyai kreativitas yang tinggi tidaklah sama dengan kenyataan yang ada, hal demikianlah yang menjadikan masalah, maka menjadi tugas guru Taman Kanak-Kanak untuk mengatasi hal ini.

Dalam rangka mengembang tugas dan tanggung jawab untuk mengoptimalkan potensi kreativitas yang dimiliki oleh anak sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, maka diperlukan suatu upaya kreatif agar mereka dapat tumbuh optimal dengan kondisi nyaman dan menyenangkan


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...