PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI METODE BERCERITA

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-18 14:48:01
Oleh : YENNY AGUSTINA - NIM. 06024009, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-18, dengan 1 file

Keyword : Kemampuan Berbahasa.Melalui Metode Bercerita



Abstrak


Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk awal, pendidikan sekolah yang dikenal anak. Dengan demikian dalam menyelenggarakan Taman Kanak-kanak perlu diciptakan “Strategi Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Bercerita”, yang bisa memberikan rasa aman dan menyenangkan bagi anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Materi berbahasa dalam kurikulum yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak yaitu abjad, bunyi, ejaan, membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan berdiskusi.

Awal masa anak-anak merupakan periode yang penting untuk belajar bahasa. Jika pengenalan bahasa tidak terjadi sebelum masa remaja, maka ketidakmampuan dalam menggunakan tata bahasa yang baik akan dialami seumur hidup. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan bahasa Indonesia di TK merupakan bahasa kedua setelah keluarga. Dalam upaya mengembangkan kemampuan berbahasa, seorang anak pertama kali belajar berbahasa dari lingkungan terdekatnya yaitu “ keluarga”. Ketika memasuki taman kanak-kanak anak akan mendapatkan pengamalan berbahasa secara lengkap dan macam-macam bahasa. Namun dari hasil pengamatan, anak-anak sulit berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang benar

Kegiatan bercerita pada masa kanak-kanak perlu diperhatikan dan dikembangkan oleh orang tua di rumah atau oleh guru di sekolah. Orang tua membiasakan kegiatan bercerita ini dengan menyiapkan pengadaan buku cerita anak-anak, menjanjikan cerita pada waktu senggang atau pada waktu menjelang tidur. Demikian pula guru TK di sekolah memprogramkan kegiatan pembelajaran bercerita ini dengan merencanakan pembelajaran, melaksanakan dan menerima penilaian.

Tujuan kegiatan bercerita pada anak-anak yaitu untuk meningkatkan ketrampilan berbicara, meningkatkan wawasan anak tentang cerita, dan membiasakan anak bercerita. Bagi orang tua dan guru kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dalam hal memilih cerita anak, menyajikan cerita anak yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.

Dari sisi peningkatan pengetahuan peran cerita dapat menumbuhkan dan meningkatkan perkembangan bahasa, kognitif, emosional, moral, estetika, dan sosial anak. Dari sisi ketrampilan berbahasa, agar calon guru TK dapat memilih bahan cerita anak-anak dan dapat menyajikan strategi storytelling, penceritaan kembali (reproduksi) dan simulasi kreatif.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...