PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK KARTIKA IV-8 JEMBER

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-18 14:41:29
Oleh : YAYUK EKO WAHYUNI NIM : 05024009, Fakultas Ekonomi
Dibuat : 2012-11-18, dengan 1 file

Keyword : Kreatifitas anak, permainan balok



Abstrak


Dalam pendidikan TK, anak dididik untuk kreatif dan kreatifitas mempunyai kaitan erat dengan kercedasan walaupun tidak mutlak. Orang yang kreatif dapat dipastikan orang yang cerdas namun tidak salalu orang yang cerdas pasti kreatif (Rachmawati dan Kurniati, 2005:22).

Di TK kreatifitas diwujudkan melalui beberapa permainan salah satunya adalah permainan balok. Permainan balok merupakan permainan membentuk beberapa bentuk benda misalnya bentuk menara, mobil dan lain-lain. Selain itu dengan permainan balok dapat disusun huruf, angka dan memperkenalkan warna. Permainan balok dapat membentuk anak menjadi kreatif karena anak dapat mengeluarkan ide-ide atau gagasan baru, sehingga anak dapat mengekspresikan diri menjadi lebih kreatif.

Dalam menyusun balok anak memerlukan waktu untuk membentuk suatu benda. Biasanya anak dapat menyusun balok dengan baik jika ia mempunyai waktu yang cukup, akan tetapi belum tentu juga di sini anak dapat menyusun balok dengan kreatif.

Lahirnya sebuah karya kreatif membutukan lebih dari sekedar kecerdasan. Namun bagi yang kreatif ia akan memperkaya penyelesaian masalahnya dengan berbagai alternatif, dengan berbagai cara dan sudut pandang bersifat unik dan berbeda dengan yang lain atau dengan kata lain ”tidak mutlak“ (Rachmawati dan Kurniati, 2005:22).

Kreatif itu sendiri menurut Kamus Webster kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan dan ditandai dengan orisinalitas dalam bereskpresi yang bersifat imajinatif (Anak, Pamilu, 2007:9).

Adapun pendapat dari Semiawan (1997) yang mengemukakan bahwa kreatifitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkan dalam pemecahan masalah (Rachmawati dan Kurniati, 2005 : 16).

Berdasarkan beberapa devinisi di atas dapat kita simpulkan bahwa kreatifitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses metode ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajenatif, fleksibel, integrasi dan diverensiasi yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk memecahkan suatu masalah (Rachmawati dan Kurniati, 2005 : 16).


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Ekonomi
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...