PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi

Mengidentifikasi Tema, Amanat, Karakter Tokoh, Konflik dan Latar pada Kutipan Novel “Sisi Merah Jambu” Karya Mira W oleh Siswa Kelas VIII MTs. Tri Bakti Ajung Jember Tahun Pelajaran 2011/2012

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2014-04-24 10:56:51
Oleh : Wahidiyah, Nining , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2014-04-24, dengan 1 file

Keyword : Tema, Amanat, Karakter Tokoh, Konflik dan Latar

Kemampuan mengidentifikasi tema, amanat, karakter tokoh, konflik dan latar pada kutipan novel merupakan salah satu materi pembelajaran yang diajarkan dalam ruang lingkup pembelajaran membaca di SMP. Selain itu kemampuan mengidentifikasi tema, amanat, karakter tokoh, konflik dan latar merupakan kemampuan yang harus dikuasai apabila seseorang ingin mengapresiasi dalam karya sastra prosa, sehingga materi mengidentifikasi unsur intrinsic penting diajarkan pada siswa kelas VIII MTs. Tri Bakti Ajung Jember. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil kemampuan mengidentifikasi tema, amanat, karakter tokoh, konflik dan latar pada kutipan novel “Sisi Merah Jambu” karya Mira W oleh siswa kelas VIII MTs. Tri Bakti Ajung Jember.

Jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MTs. Ajung Jember. Data dan sumber data yaitu kutipan novel dan siswa MTs. Tri Bakti Ajung Jember. Teknik pengumpulan data berupa penugasan. Instrument pengumpulan data yaitu menggunakan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu seleksi data, pengoreksian, penilaian kemampuan siswa. Pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan ketekunan pengamatan dan pengecekan sejawat.

Dari hasil penelitian ini adalah bahwa siswa siswa yang mendapatkan penilaian sangat mampu 1 siswa, karena siswa tidak ada yang mampu mengidentifikasi tema, amanat, karakter tokoh, konflik dan latar dengan tepat dan teliti, Siswa yang mendapatkan penilaian mampu ada 11 siswa, karena mengidentifikasi tema, amanat, karakter tokoh, konflik dan latar cukup tepat. Sedangkan siswa yang mendapatkan penilaian kurang mampu ada 11 siswa karena mengidentifikasi tema, amanat, karakter tokoh, konflik dan latar sangat tidak tepat.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: didik kun

Download...