PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

ANALISA KEMAMPUAN ANAK DALAM BERKOMUNIKASI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 SITUBONDO

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-18 14:25:30
Oleh : TRI WAGIYATI - NIM : 05024047, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-18, dengan 1 file

Keyword : Kemampuan Anak, Berkomunikasi, Metode Bercerita.



Abstrak


Taman kanak-kanak atau lembaga pendidikan pra sekolah merupakan lembaga pendidikan pertama yang membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Berkomunikasi dapat diartikan suatu penyampaian maksud seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan sehingga maksud tersebut dapat dipahami oleh orang lain. Anak terkadang memiliki permasalahan dalam berkomunikasi terutama berkaitan dengan kebutuhan untuk diajak berbicara oleh orang lain, perhatian orang tua, gaya bicara dan pilihan kata atau diksi.

Anak yang sejak kecil dilatih dan dibimbing untuk berkomunikasi secara tepat dan baik, akan berdampak pada kemampuan berfikirnya. Mereka pada umumnya akan mampu berfikir kritis dan logis. Kita juga sering menjumpai anak yang sering bertanya pada orang tua setiap mereka melihat sesuatu yang baru dan belum pernah dikenalnya. Jadi dengan biasa membimbing anak berkomunikasi sejak kanak-kanak/usia dini akan banyak manfaatnya bagi kemampuan anak berkomunikasi.

Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan anak berkomunikasi di Taman Kanak-kanak yantu dengan cara merangsang minat anak untuk berkomunikasi, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian dan mengenalkan lambang tulisan. Hal ini disebabkan oleh anak yang mengikuti pendidikan di Taman kanak-kanak pada umumnya mempunyai perbendaharaan kata yang amat terbatas. Oleh karena itu, usaha untuk memperkaya perbendaharaan kata anak sangat diperlukan supaya anak mempunyai wawasan yang lebih luas. Makin banyak perbendaharaan kata anak, maka makin lancar anak dalam berkomunikasi. Dalam kenyataannya, kemampuan berkomunikasi anak masih terbatas, oleh karena itu merangsang minat anak untuk berkomunikasi dimaksudkan agar anak mempunyai keberanian untuk mengungkapkan apa-apa saja yang ada dalam pikirannya sesuai dengan kegiatannya sehari-hari.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...