PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> Proceedings

Efisiensi Produksi Padi Gogo Melalui Sistem Usahatani Multiple Cropping (Kasus di Kecamatan Tegal Ampel Kabupaten Bondowoso) Regency)

Prosiding from umj / 2014-04-22 14:38:03
Oleh : Syamsul Hadi, SP., MP and Saptya Prawitasari, SP., MP , Fakultas Pertanian
Dibuat : 2013-09-08, dengan 1 file

Keyword : production, efficiency, profit, economics and social factor

Tujuan penelitian ini meliputi : 1) Mengetahui tingkat efisiensi produksi usahatani padi gogo yang ditumpangsari dengan palawija baik secara teknis dan ekonomis, 2) Mengetahui keuntungan bersih yang diperoleh dari hasil penerapan usahtani dengan sistem tumpangsari Padi Gogo-Palawija, 3) Mengetahui perbedaan tingkat keuntungan antara usahatani Padi Gogo Model Tumpangsari dengan sistem usahatani monoculture, dan 4) Mengetahui faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan sistem usahatani tumpangsari Padi Gogo–Palawija. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penelitian ini berlangsung selama bulan Nopember Tahun 2011. Sebagai lokasi penelitian ini ditentukan 4 Desa di Kecamatan Contoh yang dipilih secara Multistage Sampling dan penentuan sampel responden ditentukan secara acak minimal 10% dari jumlah polulasi. Sementara itu, sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Untuk menjawab tujuan pertama, kedua, ketiga dan keempat, data yang terkumpul digunakan alat Analisis regresi linier berganda, analisis linier sederhana, dan analisis matematis.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : Pertama, bahwa secara teknis penggunaan faktor produksi usahatani padi gogo dengan sistem tumpangsari yang mencapai efisien meliputi luas lahan garapan, benih jagung, bibit singkong, NPK dan ZA dan Tenaga Kerja. Sedangkan penggunaan faktor produksi pupuk Urea belum efisien dan penggunaan benih padi gogo tidak efisien. Adapun tingkat efisiensi ekonomis atas proses produksi usahatani Padi Gogo dengan sistem tumpangsari sebagian besar (92%) masih belum efisien dan masih dapat mengoptimalkan penggunaan faktor produksinya, sedangkan 8% kondisinya tidak efisien. Sedangkan pada usahatani padi gogo dengan sistem monoculture, sebagian besar belum efisien dan selebihnya (44%) tidak efisien; Kedua, Rata-rata tingkat keuntungan usahatani padi gogo dengan sistem tumpangsari di Kecamatan Tegal Ampel Kabupaten Bondowoso tahun 2011 mencapai Rp 19.275.337,12 per hektar. Diantara ketiga kombinasi tanaman pokok dan sela yang mencapai keuntungan tertinggi adalah kombinasi Padi-Jagung-Singkong, yaitu sebanyak Rp 42.382.323,53 per hektar. Sedangkan usahatani dengan sistem padi gogo pada areal lahannya dengan sistem monoculture, maka keuntungan yang dapat dicapai hanyalah sebanyak Rp 5.234.740.54 /ha; Ketiga, hasil Uji-t menyatakan bahwa ada perbedaan nyata (significant) antara tingkat pendapatan bersih (keuntungan) dari sistem usahatani multiple cropping dengan monoculture pada tanaman padi gogo adalah ditolak; dan Keempat, Hasil uji-F dengan menggunakan pendekatan analisa fungsi keuntungan Cobb-Douglass dapat diungkap bahwa secara simultan semua variabel independent berpengaruh nyata terhadap variabel dependent dengan hasil uji determinasi sebesar R2 0.859. Namun secara parsial faktor lahan, bibit singkong, tingkat pendidikan dan umur responden, serta frekuensi Petugas Penyuluh Lapanganuntuk berkunjung ke lapang dan pola jarak tanam yang diterapkan berpengaruh nyata terhadap tingkat keuntungan usahatani padi gogo. Sedangkan faktor kualitas benih, benih jagung, kuantitas dan kualitas pestisida, keterampilan petani, semua jenis pupuk yang digunakan dan status lahan yang dikuasai, ternyata berpengaruh tidak nyata.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Pertanian
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: mufiedah

Download...