PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK USIA 4 – 6 TAHUN DI TK PEMBINA PRAJEKAN

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-18 13:55:40
Oleh : S U P A M I - NIM : 05024042, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-18, dengan 1 file

Keyword : Metode Bercerita.TK Pembina



Abstrak


Dalam kehidupan bernegara pendidikan memang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan bahwa pendidikan nasional berjuang untuk mencerdaskan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan berbagai upaya strategis dan integral yang menunjang penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas berlaku untuk semua (Education For All), mulai dari usia dini sampai ke jenjang paling tinggi.

Pendidikan yang dilakukan pada anak usia dini pada hakikatnya, adalah upaya memfasilitasi perkembangan yang sedang terjadi pada dirinya. Perkembangan anak usia dini merupakan peningkatan kesadaran dan kemampuan anak untuk mengenal dirinya dan berinteraksi dengan lingkungannya seiring dengan pertumbuhan fisik yang dialami. Pada anak usia 4-6 tahun memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, seringkali anak melakukan coba-coba untuk menyelesaikan suatu persoalan. Pada perkembangan ini anak perlu diarahkan pada lembaga pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia 4 – 6 tahun untuk mengarahkan potensinya sejak dini, sehingga anak dapat berkembang secara wajar seperti yang ada di Taman Kanak-Kanak.Aspek perkembangan anak usia dini pada lembaga taman kanak-kanak sangat luas dan hal tersebut dapat dicapai dengan pendekatan yang beragam. Salah satu diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan bercerita sebagai implementasi belajar bagi anak Taman Kanak-Kanak melalui cerita yang disampaikan secara lisan. Sementara dalam konteks pembelajaran anak usia dini bercerita dapat dikatakan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi kemampuan berbahasa anak melalui pendengaran kemudian menuturkannya kembali dengan tujuan melatih keterampilan anak dalam bercakap-cakap untuk menyampaikan ide dalam bentuk lisan. Dengan bercerita dapat memperluas wawasan dan cara berfikir anak, sebab dalam kegiataan bercerita anak mendapat tambahan pengalaman yang bisa jadi merupakan hal baru baginya. Atau jika seandainya bukan merupakan hal baru tentu akan mendapat kesempatan atau mengulang kembali ingatan akan hal yang pernah didapat atau dialaminya. Tambahan pengalaman tersebut tentu akan mendapat tambahan dengan pengenalan dan penambahan logika-logika atas cerita yang didengarnya dengan semakin terlatih kemampuan berlogika melalui cerita yang didengarkannya anak akan memiliki cara berfikir yang lebih luas serta dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak (Bachtiar S. Bachri 2005:11).

Di TK Negeri Pembina dilakukan kegiatan bercerita yang digunakan untuk melatih anak-anak TK agar bisa tampil dan mengungkapkan imajinasinya kepada teman-temannya serta berbicara dan berbahasa dengan lancar dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Sebagian anak yang tidak bisa berbicara atau mengungkapkan imajinasinya atau belum berani berbicara di depan teman-temannya akan dibantu oleh ibu gurunya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan supaya anak bisa mengungkapkan imajinasinya. Berdasarkan latar belakang itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana “Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Prajekan”.



Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...