PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> Jurnal -> Teknik -> ELEVASI Vol.II No.8

KAJIAN PENGEMBANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH) DI MOJAN KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

Jurnal from umj / 2012-05-31 20:45:05
Oleh : Sucipto, Koeswardhani, ST, Ida Nur, Fakultas Teknik
Dibuat : 2012-05-31, dengan 1 file

Keyword : PLTMH



Abstrak


Jaringan PLN sudah menjangkau sebagian besar wilayah kabupaten Jember, terutama daerah yang di lalui jalan-jalan utama penghubung kota-kota kecamatan. Daerah-daerah yang belum memiliki jaringan umumnya pada tempat-tempat yang jarang penduduknya dan tidak dilalui jalan utama yang menghubungkan antar kota kecamatan serta topografinya sulit. Untuk daerah-daerah yang terpencil namun topografinya relatif datar, walaupun kondisi jalan masih berupa jalan batu atau tanah umumnya sudah terdapat jaringan listrik PLN.

Jaringan jalan menuju lokasi penelitian umumnya sudah ada. Sampai ibukota kecamatan umumnya jalannya berupa jalan aspal dengan kondisi baik. Namun untuk menuju titik lokasi penelitian pada beberapa tempat harus dilanjutkan melalui jalan aspal yang kondisinya jelek (berlubang) ganjalan batu atau tanah. Namun pada umumnya dapat dilalui kendaraan roda 4 jenis tertentu.

Karena kondisi topografinya yang merupakan daerah antar pegunungan, Kabupaten Jember memiliki potensi air permukaan (sungai) yang baik karena dilalui banyak aliran sungai yang bersumber dari pegunungan tersebut. Sungai-sungai tersebut memiliki gradien (beda elevasi) yang cukup tinggi sehingga arusnya cukup deras. Di daerah Mojan-Jumerto juga sudah terdapat PLTMH yang memanfaatkan arus sungai yang mengalir di daerah ini.



Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Teknik
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...