Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> BHS INDONESIA
ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 09 WATUKEBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Oleh : Siti Rohmah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2016-03-30, dengan 1 file
Keyword : Kemampuan membaca
Pembelajaran membaca merupakan salah satu bagian pembelajaran bahasa Indonesia. Membaca sangat penting bagi setiap orang. Namun kegiatan membaca ini masih belum banyak dilakukan, khususnya remaja.
Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang wajib diberikan dari jenjang sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Namun siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 09 watukebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Kurang menyenangi pembelajaran membaca dan kurang mampu dalam membaca.
Berdasarkan kesenjangan tersebut, rumusan masalah yang dapat dideskripsikan adalah sebagai berikut.(a) Bagaimana kemampuan menemukan dan menyimpulkan ide pokok siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. (b) Bagaimana kemampuan menemukan informasi siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan. (a) Mengetahui kemampuan menemukan dan menyimpulkan ide pokok siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.(b) Mengetahui kemampuan menemukan informasi siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti berusaha mendeskripsikan data tentang analisis kemampuan membaca siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember Tahun pelajaran 2015/2016 yang meliputi kemampuan, (a) menemukan dan menyimpulkan ide pokok, dan (b) menemukan informasi. Maka kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil analisis yang dapat digunakan untuk mengambil tindakan.Pada tahap ini, peneliti melakukan penyimpulan terhadap data yang telah dipaparkan sesuai dengan teori yang digunakan. Penyimpulan dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan bahasa yang baik, benar, singkat, padat, dan mudah dipahami
Learning to read is one part of the learning Indonesian Language. Reading is very important for everyone. But reading is still a lot to do people, especially young generation.
Indonesian Language is a lesson that must be given from primary school level up to college. But the VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 watukebo Ambulu Jember in academic year 2015/2016. Not pleased learning of reading and less capable to reading
Based on these gaps, formulation of this problem can be described as including:
(a) How ability to discover and infer the main idea VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember in academic year 2015/2016.
(b) How to find information about the ability VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember in academic year 2015/2016. The purpose of this study to describe . This is the purpose describe the research.
(a) Determine the ability to discover and infer the main idea VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember in the academic year 2015/2016. (b) Determine the ability of finding information VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember in academic year 2015/2016.
This research is a qualitative descriptive study. In this case the researchers tried to describe the analysis of data on reading ability VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember in academic year 2015/2016.
The results showed the ability to read VIII Grade Junior high school of Muhammadiyah 09 Watukebo Ambulu Jember in academic year 2015/2016 which includes the ability, (a) find and conclude the main idea, and (b) find the information . So the conclusion of this study is the result of analysis that can be used to take the action. At this stage, researchers conducted inference to data which has been presented in accordance with theory used . Inference conducted a qualitative descriptive language well, right, short, compact, and easy to understand.
Beri Komentar ?#(496) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | umj |
Organisasi | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Nama Kontak | Lutfi Ali Muharom |
Alamat | Jl. Karimata 49 |
Kota | Jember |
Daerah | Jawa Timur |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0331323915 |
Fax | - |
E-mail Administrator | lutfi.muharom@unmuhjember.ac.id |
E-mail CKO | hardian@unmuhjember.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Editor: didik kun