PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PAI

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Dengan Metode Quiz Team Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 03 Jember.

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2017-01-06 10:09:05
Oleh : Rizqon Muharam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2017-01-06, dengan 1 file

Keyword : Hasil Belajar Siswa, Metode quiz team, mata pelajaran fiqih

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena dominasi guru dalam proses belajar mengajar, sehingga berakibat ketidakaktifan dalam proses belajar di kelas. Pengajar yang merupakan sebagai fasilitator proses belajar dalam memahami materi yang dipelajari tidak berperan sebagai seharusnya. Pengajar hanya cenderung berorientasi pada transfer pengetahuan semata dengan metode yang monoton. Maka proses belajar yang dilaksanakan harus berorientasi pada keaktifan siswa dalam memahami materi ajar. Hal inilah yang mengakibatkan kegagalan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Untuk itu guru harus mampu menjadikan mereka semua terlibat dan merasa senang selama proses pembelajaran agar hasil belajar sesuai target yang telah ditentukan.

Hal ini berpengaruh dalam hasil belajar siswa tidak sesuai target KKM sekolah 75% hasil belajar klasikal di kelas. Kelas yang diteliti Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih dengan metode Quiz Team pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 03 Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih dengan metode Quiz Team pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 03 Jember.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada 15 Juni 2016 hingga 30 Juni 2016 di kelas XI IPS 4 di SMA Muhammadiyah 03 Jember. Penelitian menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan dokumentasi aktifitas beljar siswa di kelas.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan metode quiz team. Peningkatan hasil belajar pada dari pra siklus sebanyak 12 siswa (37%) meningkat pada siklus I menjadi 19 siswa (63%) dan kemudian mencapai target keberhasilan pada siklus II 27 siswa (90%).

Kesimpulan penelitian ini adalah metode Quiz Team terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pada kelas XI IPS 4 di SMA Muhammadiyah 03 Jember sesuai target KKM.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: didik kun

Download...


elektronik sigara betgaranti maksibet Sahabet Giriş Adresi casinoslot bithewaymovie.com deneme bonusu veren siteler deneme bonusu casino siteleri bahisnow adana escort görükle escort film siteleri kıbrıs gece kulüpleri esenyurt escort escort halkalı eryaman escort izmir escort eryaman escort mecidiyeköy escort şişli escort