PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PAI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA ARAB SISWA SMP MUHAMMADIYAH 04 TANGGUL

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2016-03-25 13:02:11
Oleh : Rikse Zeiniyeh, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2016-03-26, dengan 1 file

Keyword : pemahaman siswa, model pembelajaran Puzzle

Pada hasil observasi yang menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Tanggul Jember masih rendah, dikarnakan pada proses pembelajaran masih berpusat pada Guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, sehingga menjadikan siswa kurang bersemangat dalam belajar Bahasa Arab, dan menimbulkan anggapan bahwa pelajaran Bahasa Arab sangat rumit dan sulit, hal ini yang mempengaruhi pemahaman siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana meningkatkan pemahaman Bahasa Arab pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: meningkatkan pemahaman Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Tanggul dengan menggunakan model pembelajaran Puzzle yaitu pada tahun pelajaran 2015 - 2016. Dengan tolak ukur keberhasilan E = e/n x 100%. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Tanggul yang berjumlah 22 siswa.

Penerapan model pembelajaran Puzzle pada siswa, dapat meningkatkan pemahaman Bahasa Arab dikarnakan adanya kerjasama antara siswa satu dengan lainnya, dimana seorang guru memberikan amanah dengan memberikan teka teki pada tiap siswa pada kelompok dengan tujuan supaya siswa dapat mengisi kolom kolom kosong satu sama lain sehingga semua mampu mengerti dan memahaminya dan menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar.

Hasil penelitian terhadap pemahaman belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari tahap siklus I dimana siklus I dengan keterangan 15 siswa yang tuntas 68.2 % yang sebelumnya pada observasi pra siklus dengan keterangan 6 siswa yang tuntas 27.3 %. Dan pada siklus ke II mengalami kenaikan hingga 19 siswa yang tuntas 86.3 % . Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Puzzle mampu meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Tanggul.

Deskripsi Alternatif :

Based on observation showed that students comprehension in grade VII in SMP Muhammadiyah 04 Tanggul- Jember still low, because in the learning process is still centered on the teacher that only use speech and question-answer method. That can make students less excited in the study Arab language and raises the assumption that lesson the Arab language is very complicated and difficult,this affect of student understanding.

The problem of this research is how increasing student Arab languge comprehension. This research is using classroom action reasearch the aim to increasing student Arab language ability in the class VII SMP Muhammadiyah 04 Tanggul-Jember using puzzle method in 2015-2016 academic years. With formula output E = e/n x 100%. The research subject is students in VII class SMP Muhammadiyah 04 Tanggul-Jember the totaly is 22 students.

The implementation of the model puzzle learning on the student, it can increasing Arab language comprehension its due for students work together between one student and others where the teacher give explanation with giving the puzzle at each student in this group The purpose is student can fill the blank column each other until all student can understand and comprehend and make the student more active in study.

The results of the research on the learning achievement of students showed an increase from the first cycle stages in which the first cycle with captions 15 students who completed 68,2% prior to the observation that pre-cycle with 6 students who complete description of 27,3%. And in cycle II has increased to 19 students who completed 86,3%. this shows that the puzzle learning can improve the learning students achievment in the class VII SMP Muhammadiyah 04 Tanggul-Jember.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: didik kun

Download...


elektronik sigara betgaranti maksibet Sahabet Giriş Adresi casinoslot bithewaymovie.com deneme bonusu veren siteler deneme bonusu casino siteleri bahisnow adana escort görükle escort film siteleri kıbrıs gece kulüpleri esenyurt escort escort halkalı eryaman escort izmir escort eryaman escort mecidiyeköy escort şişli escort