PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

ANALISIS PERKEMBANGAN KECERDASAN DI TINJAU DARI PEMBERIAN MAKANAN SEHAT DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN KEC. SITUBONDO

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-14 16:20:40
Oleh : MULYATI, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-14, dengan 1 file

Keyword : Kecerdasan, Makanan Sehat



Abstrak


Seorang anak merupakan generasi penerus bangsa, untuk itu makanan sehat sangat berperan penting di dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Kesehatan anak akan berpengaruh terhadap perkembangan potensi anak terutama diawal dari pengenalan dengan suatu lingkungan sosial yang ada di masyarakat atau yang ada dalam lingkungan keluarganya. Potensi dapat dikembangkan pada anak yang sehat secara fisik maupun mentalnya. Untuk itu kesehatan pada anak sebaiknya selalu dijaga dan dipelihara pola makan serta kebiasaan makannya, hal tersebut terbentuk dari kebiasaan masyarakat disekitarnya. Taman kanak-kanak merupakan pengenalan anak dengan suatu lingkungan sosial yang ada dimasyarakat umum dan salah satu institusi yang memberikan tata cara memilih makan yang benar.

Berdasarkan kenyataan diatas maka kami mencoba menggali Bagaimana perkembangan kecerdasan di tinjau dari pemberian makanan sehat? Dan sejauh mana pemberian makanan sehat dapat berpengaruh pada perkembangan kecerdasan ? Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui bagaimana dengan pemberian makanan sehat dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan serta penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya untuk bisa meningkatkan mutu makanan bagi anak usia pra sekolah.

Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh baik susunan, kualitas, maupun kuantitasnya dapat memberikan kodisi kesehatan Gizi yang baik hingga tubuh memperoleh zat-zat yang di butuhkan dan memungkinkan pertumbuhan fisik,perkembangan otak, kemampuan kerja dan kesehatan secara umum pada tingkat setinggi mungkin.

Dari hal tersebut Penulis dalam penelitian ini berusaha menggali berbagai data yang berkaitan dengan masalah-masalah tersebut melalui observasi, interview, dokumentasi, analisis data, dilakukan secara deskriptif analitik dengan menggunakan paradigma penetlitian kualitatif. Validasi data, diperoleh dengan melakukan triangulasi data dan metode member check. Disamping itu juga digunakan dokumentasi kegiatan arsip data yang relevan untuk verifikasi data.

Jadi Penulis simpulkan bahwa makanan sehat sangat berpengaruh pada kecerdasan anak terutama disaat masa pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia prasekolah dan penelitian terhadap TK Dharma Wanita Persatuan, Kec. Situbondo, Kab. Situbondo, menunjukkan hasil bahwa status gizi maupun tingkat kecerdasannya cukup baik, karena anak telah mandiri secara baik dalam hal makan, dan memilih makanan sehat. Hal ini karena peran Guru dan orang tua yang cukup baik dalam menanamkan pembiasaan makan yang baik dan benar


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...