PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

CARA MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK PADA ANAK DI TK AISYIYAH 2 TEGALSARI AMBULU – JEMBER

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-14 16:16:45
Oleh : MULYANAH, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-14, dengan 1 file

Keyword : CARA MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK



Latar Belakang


Perkembangan bahasa pada anak usia TK atau usia prasekolah itu sangat perlu diperhatikan. Pada tahap ini anak sudah memahami bahasa berdasarkan tematis yang diberikan oleh guru. Perkembangan bahasa pada usia ini anak belajar bahasa melalui pengalaman lingkungan, artinya anak mengucapkan bahasa berdasarkan pengalaman dari lingkungan keluarga, lingkungan teman, dan lingkungan sekolah. Anak belajar bahasa melalui proses yang nyata, supaya perkembangan bahasa anak tepat untuk membantu membelajarkan anak berbahasa dan menggunakan bahasa itu semua diperlukan dukungan lingkungan dan yang paling utama dukungan dari orang tua yang mau memperhatikanya.

Perubahan perkembangan bahasa anak diperoleh dari proses imitasi atau menirukan terhadap orang dewasa. Anak sering mengulang - ulang kata/kalimat akhirnya anak mampu menggunakan bahasanya dengan tepat. Anak sering interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Anak berbicara mengikuti pada yang di ketahuinya melalui lingkungan.

Untuk menetapkan anak mampu dan terampil berbahasa dan berkomunikasi ada 2 hal yang perlu diperhatikan :

1. Anak harus mengucapkan kata-katanya sehingga segera dimengerti oleh orang lain.

2. Anak harus memahami kata-kata yang diucapkan dan menghubungkannya dengan objek-objek yan diwakilinya. Bila kemempuan dan keterampilan ini di kuasai, maka berarti anakpun menguasai penyampaian hasil pikiran, perasaan dan kehendak anak. Hal ini terletak pada upaya apapun untuk membantunya seperti menggunakan benda-benda konkrit yang ada disekitarnya dan menuliskan kata-kata dibawah benda itu merupakan bantuan yang diberikan kepada anak agar anak cepat perkembangan bahasanya Mustakim (2005:123)

Bahasa anak usia TK masuk pada periode sensoris motorik dan pra operasional pada periode pra operasional anak sudah menggunakan pada struktur kalimat itu dalam perilaku konkret. Untuk mengetahui apakah anak memiliki kalimat sederhana dan lengkap kita amati perilaku anak berbahasa pada saat anak berbicara. Pada saat anak berbicara anak menyatakan tuturan yang menggambarkan skema pikiran dan konseptulasi anak. Mustakim (2005:93).

Berdasarkan uraian di atas peneliti memilih judul tentang “Perkembangan Bahasa Anak di TK Aisyiah II Tegalsari Ambulu”.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...