PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PAI

Penggunaan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Muncar Banyuwangi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2016

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2017-01-06 10:04:54
Oleh : Mulajimatul Fitria, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2017-01-06, dengan 1 file

Keyword : Hasil belajar siswa, Meningkatkan mata pelajaran pendidikan agama islam, Metode Explicit Instruction

Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Muncar rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang bersemangat. Guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan langsung sehingga siswa pasif dan terlihat malas untuk belajar serta hasil belajarnya juga rendah. Untuk itu, peneliti menerapkan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit instruction.

Untuk rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Muncar Banyuwangi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 35 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi, (4) rencana perbaikan. Menggunakan teknik dalam pengumpulan data, yaitu (1) observasi (2) test.

Masalah penelitian yang ingin di pecahkan melalui kegiatan adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hukum islam tentang binatang pada mata pelajaran pendidikan agama islam melalui metode explicit instruction di SMP Negeri 3 Muncar kelas VIII A tahun pelajaran 2016?.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa tentang materi hukum islam tentang binatang pada mata pelajaran pendidikan agama islam melalui metode explicit instruction.

Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tentang materi hukum islam tentang binatang pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat ditingkatkan melalui metode explicit instruction. Pemahaman siswa dilihat dari hasil test, secara klasikal siswa tuntas pada siklus I, 15 (42,85%) siswa. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode explicit instruction, secara klasikal siswa tuntas pada siklus II , 26 (82,8%) siswa. Dari data diatas dapat diketahui lebih dari 70 % siswa yang tuntas pada tiap – tiap indikator.

Hal ini berarti hasil belajar siswa tentang materi hukum islam tentang binatang pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat ditingkatkan melalui metode explicit instruction.

Deskripsi Alternatif :

Observations indicate that the activities and results of class VIII student A Junior High School 3 Muncar low. Learning is still centered on the teacher and less use of instructional media so that students are less excited. Teachers still use the lecture method, question and answer and direct assignment so that students are passive and looks lazy to learn and study results are also low. To that end, researchers applied learning innovations to enhance the activity and student learning outcomes by using model Explicit instruction.

For the formulation of the problem in this research is how the use of Explicit Instruction Method for Improving Student Results Class VIII Junior High School country 3 MuncarBanyuwangiOn the Subject of Islamic Education.

Observations indicate that the activities and results of class VIII student A Junior High School 3 Muncar low. Learning is still centered on the teacher and less use of instructional media so that students are less excited. Teachers still use the lecture method, question and answer and direct assignment so that students are passive and looks lazy to learn and study results are also low. To that end, researchers applied learning innovations to enhance the activity and student learning outcomes by using model Explicit instruction.

For the formulation of the problem in this research is how the use of Explicit Instruction Method for Improving Student Results Class VIII Junior High School country 3 MuncarBanyuwangiOn the Subject of Islamic Education.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: didik kun

Download...


elektronik sigara betgaranti maksibet Sahabet Giriş Adresi casinoslot bithewaymovie.com deneme bonusu veren siteler deneme bonusu casino siteleri bahisnow adana escort görükle escort film siteleri kıbrıs gece kulüpleri esenyurt escort escort halkalı eryaman escort izmir escort eryaman escort mecidiyeköy escort şişli escort