PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PAI

Manajamen Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Dalam meningkatkan kualitas Pembelajaran Santri

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2017-01-06 09:52:43
Oleh : Muhammad Yasin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2017-01-06, dengan 1 file

Keyword : Manajemen Pendidikan, Kualitas Pembelajaran

Latar belakang masalah dalam penelitian ini diantaranya adalah kurangnya perencanaan yang begitu maksimal dari pengajar dalam menyampaikan materinya serta minimnya ustadz atau guru pengajar yang mampu membimbing santri untuk cepat bisa baca kitab sehingga berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran santri itu sendiri.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah prosedur manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Madinatul Ulum ? (2) apa saja metode pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum ? (3) faktor apa saja yang dapat menghambat dan menunjang suksesnya manajemen pembelajaran di Pesantren Madinatul Ulum ? Terdapat 3 tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui prosedur manajemen pembelajaran di pondok pesantren Madinatul Ulum, Untuk mengetahui apa saja metode pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Madinatul Ulum, dan untuk mengetahui factor-faktor yang menghambat dan menunjang suksesnya manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Madinatul Ulum.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 31 Mei 2016 hingga 03 juni 2016 di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Peneliti menggunakan 3 metode pengumpulan data diantaranya, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara, instrumen observasi, dan instrument dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Madinatul Ulum sudah begitu padat dan ada rencana dari ketua pengurus untuk mengaktifkan kembali program metode B3K, dimana program tersebut sangat membantu santri untuk cepat bisa baca kitab kuning tanpa harokat.

Kesimpulan penelitian ini adalah perencanaan manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Madinatul Ulum sudah bagus namun pada pelaksanaannya membutuhkan kekompakan antar pengurus supaya kegiatan yang direncanakan berjalan dengan baik.

Deskripsi Alternatif :

The background of the problem in this study is to describe the lack of planning so a maximum of teachers in presenting the material and the lack of religious teacher or teacher educators who are able to guide students to read the book so it could quickly affect the quality of students learning itself.

The problems in this research are (1) how the learning management procedures in Madinatul Ulum boarding school? (2) What learning methods are used in Madinatul Ulum Islamic Boarding School? (3) what factors can inhibit and support successful of learning management in Madinatul Ulum boarding school? There are three objectives of research are summarized by researchers is to determine learning management procedures in Madinatul Ulum boarding school, To find out what learning methods are used in Pondok Pesantren Madinatul Ulum, and to determine the factors that hinder and support the successful of learning management in Madinatul Ulum boarding school.

This type of research used in this research is qualitative descriptive. The Implementationoh the research is on May 31, 2016 until 03 June 2016 at Madinatul Ulum boarding school. The Researcher was used three data collection methods that are interviews, observation and documentation. The instrument used is interviews, observation and documentation.

Based on the result of research was obtained that the learning management in Madinatul Ulum boarding school had been so dense and the chairman of the Board had planned to reactivate the program B3K method which has helped students to read yellow books quickly without harokat.

The conclusion of this research is the learning management planning in Madinatul Ulum boarding school is good, but the implementation requires cohesiveness among the board so that the planned

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: didik kun

Download...


elektronik sigara betgaranti maksibet Sahabet Giriş Adresi casinoslot bithewaymovie.com deneme bonusu veren siteler deneme bonusu casino siteleri bahisnow adana escort görükle escort film siteleri kıbrıs gece kulüpleri esenyurt escort escort halkalı eryaman escort izmir escort eryaman escort mecidiyeköy escort şişli escort