PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

STUDI POLA ASUH ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP PERILAKU ANAK DI TK AR-RISALAH KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-14 16:08:46
Oleh : MARIA ULFA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-14, dengan 1 file

Keyword : Pola Asuh, Perilaku Anak



Abstrak


Pendidikan anak usia TK dalam keluarga memberikan keyakinan agama, nilai budaya yang mencakup nilai moral dan aturan-aturan pergaulan serta pandangan, keterampilan, dan sikap hidup yang mendukung kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kepada anggota keluarga yang bersangkutan. Artinya, tanggung jawab orang tua adalah mengupayakan agar anak berdisiplin diri untuk melaksanakan hubungan dengan Tuhan yang menciptakannya, dirinya sendiri, sesama manusia, dan lingkungan alam dan makhluk hidup lainnya berdasarkan nilai moral.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan pola asuh orang tua di rumah dengan perilaku anak di TK. Ar-Risalah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel siswa TK. Ar-Risalah pada kelompok B sebanyak 60 siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pola asuh orang tua di rumah dengan perilaku anak di TK. Ar-Risalah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.

Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara/interview dan metode dokumenter. Dari data-data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang mempunyai perilaku agresif, pemalu dan pemarah ternyata suka mengganggu dan cenderung merugikan guru kelasnya dan teman-temannya pada saat aktivitas pembelajaran di dalam kelas maupun ketika bermain saat istirahat di sekolah. Meskipun pola asuh orang tua sudah diberikan kepada anak-anaknya ketika di rumah melalui pemberian nasihat-nasihat tetapi anak-anak yang mempunyai perilaku agresif, pemalu dan pemarah masih cenderung merugikan guru dan teman-temannya di sekolah.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka semua guru terutama di TK. Ar-Risalah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember hendaknya selalu waspada terhadap perilaku-perilaku anak yang agresif, pemalu dan pemarah karena bisa membahayakan anak lain, dan guru hendaknya selalu mengawasi anak-anak yang mempunyai perilaku-perilaku tersebut. Demikian juga Orang tua hendaknya memantau dan mengendalikan perilaku-perilaku anak, terutama ketika berada di rumah.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...