PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS ANAK MELALUI METODE BERMAIN HURUF DAN GAMBAR DI TK ABA III ANDONGSARI AMBULU

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-14 15:53:40
Oleh : LILIK ENDANG S, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-14, dengan 1 file

Keyword : Membaca, Menulis, Bermain



Abstrak


Membaca dan menulis merupakan hal yang sangat berkaitan dengan dunia pendidikan. Tidak terkecuali pendidikan anak TK. Sering kali terjadi fungsi TK bukan lagi menjadi Taman Kanak – Kayak, banyak sekolah yang mentargetkan kemampuan akademik. Hal ini membuat dan menulis menjadi membosankan dan membuat anak malas untuk menghadapi tugas. Masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan minat membaca dan menulis anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis anak.

Pendekatan yang peneliti gunakan yaitu pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dan menggunakan prosedur pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara.

Penelitian ini dilakukan di TK ABA III Andongsari Ambulu, mulai tanggal 29 Mei sampai 31 Mei 2008. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain merupakan cara efektif untuk meningkatkan minat membaca dan menulis anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru tidak memaksakan minat anak pada pelajaran. Dan bagi orang tua hendaknya lebih memahami anak dengan tidak memaksakan dan menekan anak.

Guru juga hendaknya lebih kreativ dalam menciptakan permainan – permainan yang dapat menarik minat anak terhadap pelajaran. Agar anak tidak merasa jenuh terhadap pelajaran yang diberikan.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...