PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi -> FKIP -> PGTK

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI TK DHARMA WANITA SABRANG AMBULU

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2012-11-14 15:46:06
Oleh : LAILATUL FITRIA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dibuat : 2012-11-14, dengan 1 file

Keyword : MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK



Latar Bekang


Metode proyek merupakan salah satu cara pembuatan pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Metode proyek gagasan dari John Dewey dalam Sumiharsono (2005:137) tentang konsep “learning by doing” yaitu proses perolehan hasil belajar dengan mengerjakan tindakan-tindakan tertentu sesuai dengan tujuannya, terutama proses penguasaan anak tentang bagaimana melakukan pekerjaan yang terdiri atas serangkaian tingkah laku untuk mencapai tujuan.

Menurut hasil penelitian terdapat hubungan yang erat antara proses memperoleh pengalaman yang sebenarnya dengan pendidikan oleh karena itu pendidikan bagi anak TK harus diintegrasikan dengan lingkungan kehidupan anak yang banyak menghadapkan anak dengan pengalaman langsung.

Di dalam kehidupan berkelompok, masing-masing anak belajar untuk mengatur diri sendiri agar dapat membina persahabatan peran serta dalam kegiatan kelompok, dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama sumiharsono ( 2005:138).

Di dalam pelaksanaan pengajaran dengan metode proyek guru TK sebagai fasilitator yang harus menyediakan alat dan bahan untuk melaksanakan “proyek” yang berorientasi pada kebutuhan dan minat anak yang menantang untuk melaksanakan kemampuan, keterampilan, serta kreativitasnya dalam melaksanakan bagian pekerjaan yang menjadi bagiannya atau kelompoknya. Karena pendidikan itu merupakan proses kehidupan dan bukan penyiapan kehidupan dimasa yang akan datang, maka pekerjaan guru akan sangat penting dan sangat bernilai bila apa yang dilakukan guru tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, melainkan mengajarkan bagaimana menjalani kehidupan. Sumiharsono (2005:138).

Metode proyek berusaha membantu anak untuk meningkatkan aktifitas belajar, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan orientasi tanggung jawab yang ditekankan kepada guru beralih ketekanan tanggung jawab kepada anak-anak tetapi tanggung jawab itu harus dalam batas kemampuan anak TK.

Aktifitas pengajaran dengan menggunakan metode proyek di maksudkan untuk membantu anak mencari jalan keluar pemecahan masalah yang dihadapi yang menyibukkan pikiran mereka. Dalam kenyataan sehari-hari anak memang selalu menghadapi masalah dalam kehidupanya seperti bangun pagi, membersihkan tempat tidur, gosok gigi, berpakaian rapi, sarapan pagi, membersihkan kuku jari, melakukan aktifitas sekolah dan tidur malam karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Metode proyek dapat menjadi wahana untuk menggerakkan kemampuan kerja sama dengan sepenuh hati dan meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan minat dalam memecahkan masalah.

Metode proyek ini bila dilaksanakan secara tepat dapat memperluas wawasan anak tentang segi-segi kehidupan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat ( Sumi harsono, 2005).


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor:

Download...