PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> Jurnal -> Ekonomi -> JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA VOL 1 NO 2 DESEMBER 2015

STRATEGI PEMASARAN BERBASIS SYARIAH BAGI RITEL TRADISIONAL AGAR MAMPU BERSAING DENGAN RITEL MODERN

Jurnal from umj / 2016-03-27 10:15:04
By : Feti Fatimah, Fakultas Ekonomi
Created : 2015-12-16, with 1 files

Keyword : Strategi, Pemasaran, Syariah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan bersaing ritel tradisional dan untuk merumuskan strategi yang tepat agar ritel tradisional mampu bersaing dengan ritel modern. Obyek penelitian ini adalah konsumen ritel tradisional di wilayah Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Adapun kriteria sampling adalah sebagai berikut: berusia diatas 17 tahun dan pernah membeli di ritel tradisional dan ritel modern di wilayah Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Jumlah sampel yang digunakan sampel yaitu 100 responden yang dianggap dapat mewakili atas populasi yang ada di Kecamatan Balung. Alat analisis data yang digunakan adalah Importance-Performance Analysis, Fish Bone Diagram, serta Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threaths). Hasil identifikasi kemampuan bersaing ritel tradisional adalah ritel tradisional belum mampu bersaing dengan ritel modern. Bukti bahwa ritel tradisional belum mampu bersaing, dilihat dari nilai rata-rata pelaksanaan yang lebih rendah daripada nilai rata-rata harapan. Nilai rata-rata pelaksanaan adalah 2,8. Nilai rata-rata harapan adalah 3,9. Variabel-variabel yang dipertimbangkan untuk melihat tingkat kemampuan bersaing ritel tradisional adalah Keandalan, ketanggapan, Keyakinan, Empati, dan Wujud fisik ritel tradisional. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan bersaing ritel tradisional adalah: pertama, Strategi S-O terdiri dari Perbaikan kualitas pelayanan secara syariah dan Research and development secara syariah. Kedua, Strategi W-O terdiri dari Penggalian modal secara syariah, Promosi secara syariah, Pengembangan mutu SDM secara syariah dan Meningkatkan semangat kerja SDM secara syariah. Ketiga, Strategi S-T terdiri dari Optimalisasi pelayanan secara syariah. Keempat, Strategi W-T terdiri dari Community development secara syariah dan Kerjasama dengan ritel tradisional lainnya dan ritel modern secara syariah. Alternatif strategi diatas harus dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan bersaing ritel tradisional. Strategi SO merupakan alternatif strategi yang harus segera dilaksanakan oleh ritel tradisional, karena alternatif strategi SO dapat meningkatkan kemampuan bersaing ritel tradisional dengan cepat dan menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi oleh ritel tradisional. Penggunaan alternatif strategi SO berarti pemanfaatan aset yang dimiliki oleh ritel tradisional secara optimal. Kekuatan dan peluang yang dimiliki ritel tradisional harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena ini merupakan aset yang dimiliki oleh ritel tradisional dan aset ini belum tentu juga dimiliki oleh ritel modern.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDumj
OrganizationFakultas Ekonomi
Contact NameLutfi Ali Muharom
AddressJl. Karimata 49
CityJember
RegionJawa Timur
CountryIndonesia
Phone0331323915
Fax-
Administrator E-maillutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
CKO E-mailhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Contributor...

  • , Editor: mufiedah

Downnload...


elektronik sigara betgaranti maksibet izmir escort adana escort görükle escort film siteleri kıbrıs gece kulüpleri esenyurt escort escort halkalı eryaman escort eryaman escort