PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> S1 - Skripsi

PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PERASAAN RENDAH DIRI (INFERIOR) PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD) AL-BAITUL AMIEN FULL DAY SCHOOL JEMBER

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2002-02-07 20:17:43
Oleh : Cintani Trisnawati , Fakultas Psikologi
Dibuat : 2017-12-11, dengan 1 file

Keyword : Perasaan Rendah Diri (inferior), Kecerdasan Emosi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap perasaan rendah diri (inferior) pada siswa SD Al-Baitul Amien Full Day School Jember. Data penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner jenis skala guttman untuk variabel kecerdasan emosi dan variabel perasaan rendah diri (inferior). Uji validitas instrumen menggunakan rumus koefisien korelasi product moment pearson dan reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi penelitian adalah siswa kelas empat dan lima Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Full Day School Jember berjumlah 255 siswa. Sampel yang diambil 149 siswa menggunakan teknik simple random sampling.


Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas. Instrumen yang valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data dengan hasil terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan perasaan rendah diri (inferior). Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk dengan nilai F hitung sebesar 252,353 lebih besar dari F dengan taraf signifikansi tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 63,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kecerdasan emosional dengan perasaan rendah diri (inferior).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Psikologi
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: didik kun

Download...