PERPUSTAKAAN DIGITAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER



Path: Top -> Member -> lutfi.m35@gmail.com

ANALISIS KEMUNGKINAN PENERAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. BPR ARTHA WARINGIN JAYA SITUBONDO

Skripsi/Tugas Akhir from umj / 2002-01-08 00:56:16
Oleh : AHMAD FARADIANSYAH, Fakultas Ekonomi
Dibuat : 2002-01-08, dengan 1 file

Keyword : ANALISIS KEMUNGKINAN PENERAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA



Abstrak


Penelitian berjudul “Analisis Kemungkinan Penerapan Akuntansi Sumber Manusia Daya Pada PT. BPR. Artha Waringin Jaya” merupakan suatu jenis penelitian penerapan suatu cabang Akuntansi yang keberadaanya masih belum diatur atau diakui dalam standart akuntansi keuangan. Yaitu yang mencoba memasukkan faktor manusia kedalam neraca perusahaan. Tujuan utama yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan akuntansi sumber daya manusia pada suatu perusahaan, khusus bagaimanakah kinerja yang dihasilkan antara laporan keuangan akuntansi sumber daya manusia bila dibandingkan dengan laporan keuangan akuntansi konvensional.

Dasar analisis data yang digunakan dalam pemecahan masalah pada penelitian ini, mengacu pada teori akuntansi yang berhubungan dan akuntansi keuangan, yang memperlakukan sumber daya manusia sebagai suatu aktiva sebagaimana aktiva lainnya. Berangkat dari sebuah pandangan bahwa manusia dalam organisasi merupakan suatu asset yang berharga bagi perusahaan, yang memberikan manfaat berupa jasa baik dimasa sekarang maupun dimasa mendatang, Akuntansi Sumber Daya Manusia mencoba mengkapitalisasi biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka memperoleh, melatih dan mengembangkan karyawan menjadi suatu aktiva yang akan diamortisasi selama umur manfaatnya.

Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa dalam melakukan pencatatan laporan keuangan, PT. BPR. Artha Waringin Jaya masih menggunakan konsep akuntansi konvensional, yaitu membebankan biaya sumber daya manusia pada saat terjadinya dalam laporan laba rugi pada tahun bersangkutan. Dalam hal ini bila perusahaan menerapkan konsep akuntansi sumber daya manusia pada pencatatan laporan keuangannya, banyak manfaat yang dapat diambil. Yaitu diantarannya; selain tersajikannya informasi sumber daya manusia dalam laporan keuangan perusahaan, penerapan akuntansi sumber daya manusia juga akan membantu menyajikan laporan keuangan yang lebih realistis keadaanya bila dibandingkan dengan akuntansi konvensional, serta dapat membatu memperbaiki kelemahan dari ROI yang terlalu menitik beratkan pada hasil pendek dan tidak memperhitungankan investasi meskipun investasi tersebut akan memberikan income bagi perusahaan dimasa mendatang.

Pada kenyataan, untuk diakui dalam standart akuntansi keuangan, akuntansi sumber daya manusia masih membutuhkan perjalanan yang sangat panjang. Diperlukan berbagai upaya penelitian lebih lanjut mengenai keberadaan konsep akuntansi sumber daya manusia yang layak untuk diterapkan pada suatu perusahaan.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisherumj
OrganisasiFakultas Ekonomi
Nama KontakLutfi Ali Muharom
AlamatJl. Karimata 49
KotaJember
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0331323915
Fax-
E-mail Administratorlutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
E-mail CKOhardian@unmuhjember.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Digital Library UMJ

Download...